Sunday, August 23, 2015

Hadiwarno Bersih, Olah Sampah Mejadi Pupuk Kompos




Sampah seringkali masih dipandang sebagai barang yang tak berguna lagi dan dibuang begitu saja. Sampah-sampah yang dibuang tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan yang berujung pada kerusakan lingkungan. Padahal, sampah memiliki nilai ekonomis apabila diolah dengan baik dan benar. Secara umum, sampah dibedakan menjadi 2 macam yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik itu sendiri adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup (alam) seperti hewan, manusia, tumbuhan yang mengalami pembusukan atau pelapukan. Sampah ini merupakan sampah ramah lingkungan karena dapat diurai oleh bakteri secara alami dan berlangsungnya cepat. Contohnya kayu, tumbuhan, kotoran hewan/manusia, kertas, dll.

Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sisa manusia yang sulit diurai oleh bakteri. Biasanya berasal dari sampah industri. Contohnya plastik, kain tekstil, kaleng, botol minuman, besi, kaca, dll.

Atas dasar hal itu, Tim II KKN Undip Desa Hadiwarno mengadakan kegiatan sosialisasi pengolahan sampah dan pelatihan pembuatan pupuk kompos dari sampah organik dengan campuran EM4. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu 23 Agustus 2015 di rumah Bp. Nur Pujiyanto, Ketua RT 5 RW 1 Desa Hadiwarno.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran lingkungan warga sekitar dan menumbuhkan semangat wirausaha yaitu dengan menjual pupuk kompos dari sampah organik yang  telah diolah tersebut.





1 comment:

  1. Lanjutkan....!!!
    Tp mohon kalau bisa dsosialisasikan merata ke warga per Rt/Rw atau menggandeng karang taruna
    Keep explore hadiwarno 👍

    ReplyDelete